.

.

Bawang Merah

Selasa, 12 Juli 2016

Rp, 16.000/kg.


Setiap tahunya kecamatan Tretep bisa menghasilkan ratusan ton Bawang Merah siap konsumsi. Dari pasar-pasar lokal Temanggung sampai pasar luar daerah pun menyediakan bawang merah yang didapat dari petani Temanggung.

Tretep merupakan daerah perbukitan dan diantara kaki lereng gunung merbabu dan sindoro tretep merupakan lahan potensial untuk di tanami bawang merah, bawang merah menjadi komoditas no 2 setelah Tembakau.

Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.




Bawang merah atau orang Temanggung menyebutnya dengan "Brambang" hidup subur di antara 1000-3500 mdpl. Biasanya hidup di tanah yang kering dan sedikit berbatu. Di Kabupaten Temanggung tanah seperti ini banyak ditemui di lereng Gunung Sumbing dan lereng Gunung Sindoro, sehingga Kabupaten Temanggung sangat cocok untuk bertani Bawang Merah atau Brambang.
Tak tanggung-tanggung, di musim tertentu seluruh ladang di lereng gunung tertata dengan rapi barisan tanamam bawang merah ini, baik lereng Gunung Sumbing maupun lereng Gunung Sindoro. Mulai dari kecamatan Candiroto, Tretep, Wonoboyo, Bejen, Parakan, Tembarak hingga kecamatan Kedu.



Bila ingin oreder silahkan berkunjung ke Daerah Tretep atau bisa langsung Contak no hp di atas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung